7 Cara Menghilangkan Stretch Mark yang Ampuh

Cara menghilangkan stretch mark yang ampuh bisa dilakukan dengan berbagai cara. Stretch mark merupakan kondisi dimana muncul guratan-guratan kecil seperti nadi pada kulit dengan panjang beberapa milimeter.

Stretch mark biasanya muncul pada kult bagian tubuh dimana letak lemak terkonsentrasi, seperti pada paha, payudara, pantat, perut atas, dan lengan atas. Hal ini bisa dialami oleh siapa saja, baik wanita maupun pria. Hanya saja, tidak semua orang mengalaminya.

Kondisi ini hanya dialami orang yang memiliki sedikit kandungan kolagen atau protein di kulitnya. Stretch mark umumnya terjadi disaat pertumbuhan tubuh lebih cepat dari perkembangan dan elastisitas kulit. Ketika kulit meregang dengan cepat akibat anggota tubuh mengembang atau pertambahan berat badan, lapisan tengah kulit (dermis) akan menipis sehingga lapisan di bawahnya muncul ke permukaan. Kondisi inilah yang disebut stretch mark.

Kemunculan stretch mark bisa ditandai dengan adanya garis berwarna merah, ungu muda, cokelat kemerahan, atau cokelat pada kulit disertai rasa gatal. Meski tak berbahaya, kondisi ini bisa mengganggu penampilan sehingga menurunkan kepercayaan diri. Tak heran banyak orang mencari cara menghilangkan stretch mark yang ampuh agar penampilannya tetap paripurna.

Berikut ini yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber, Senin (11/11/2019) ragam cara menghilangkan stretch mark yang ampuh.

Penyebab Munculnya Stretch Mark

Sebelum mengetahui cara menghilangkan stretch mark lebih baik kamu juga memahami penyebab munculnya. Hal ini agar kamu bisa menghindari munculnya stretch mark.

Dilansir dari laman American Academy of Dermatology, faktor yang berperan penting munculnya stretch mark adalah peningkatan hormon secara tiba-tiba dan riwayat keluarga yang pernah mengalami kondisi ini. Untuk itu penting bagi setiap orang mengetahui penyebab-penyebab munculnya stretch mark agar bisa diantisipasi. Berikut ini peyebab munculnya stretch mark.

– Obesitas

Obesitas yang terjadi secara singkat memicu munculnya stretch mark pada kulit. Umumnya akan muncul dibagian paha, pantat, dan area perut.

– Pertumbuhan saat masa puber

Kondisi ini biasanya terjadi pada anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan yang cepat mengalami pertumbuhan tinggi, berat badan ataupun pengurangan.

– Konsumsi obat dengan kadar Steroid

Kandungan steroid dapat memengaruhi tingkat hormon tertentu sehingga tubuh mengalami peregangan dan muncul stretch mark.

– Melahirkan

Saat sedang hamil, biasanya kulit pada bagian pinggang akan mengalami peregangan sehingga saat melahirkan dan perut mengecil akan muncul stretch mark di bagian pinggang.

Cara menghilangkan stretch mark

Mengoleskan gel vitamin E

Cara menghilangkan stretch mark yang pertama adalah dengan mengoleskan gel vitamin e pada area yang muncul stretch mark. Kandungan antioksidan pada vitamin E akan mempercepat pertumbuhan sel kulit sehingga membantu memudarkan stretch mark.

Dengan rajin mengoleskan gel vitamin E, hasilnya sel kulit baru dapat memperbaiki jaringan akar yang rusak pada kulit. Semakin cepat pertumbuhan sel, semakin cepat pula stretch mark memudar.

Eksfoliasi

Cara menghilangkan stretch mark ini mampu membuang sel-sel kulit mati pada lapisan kulit terluar. Ada dua jenis eksfoliasi kulit, pertama dengan menggunakan alat untuk mengangkat sel kulit mati seperti sikat atau sponge atau menggunakan bahan kimia seperti produk yang mengandung asam hidroksi untuk mengangkat sel kulit mati dengan lembut.

Terapi Laser

Terapi laser akan membantu merangsang produksi kolagen dan elastin di kulit. Cara menghilangkan stretch mark ini sangat efektif dalam meregenerasi sel-sel kulit dan memperbaiki struktur kulit.

Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi merupakan prosedur yang dilakukan untuk mengangkat sel kulit mati yang hampir sama dengan proses eksfoliasi. Metode ini dilakukan dengan cara menyemprotkan butiran kristal yang sangat kecil pada permukaan kulit. Mikrodermabrasi terbilang cukup lembut di kulit dan tidak meninggalkan bekas luka. Akan tetapi, kulit mungkin akan terasa lebih kencang, terlihat memerah, dan kering setelah melakukan mikrodermabrasi.

Microneedling

Microneedling dapat dilakukan menggunakan alat bantu berupa dermaroller. Prosedur ini menggunakan jarum-jarum berukuran sangat kecil, untuk membuat titik-titik luka yang sangat halus di permukaan kulit. Tujuannya adalah untuk memicu produksi kolagen dan elastin, guna memperbaiki tekstur kulit yang mengalami stretch mark.

Menggunakan Lidah Buaya

Untuk cara menghilangkan stretch mark yang lebih sederhana, bisa menggunakan lidah buaya. Lidah buaya dapat membantu merawat kekenyalan kulit agar tetap elastis. Jika digunakan secara teratur maka stretch mark akan perlahan menghilang.

Perbanyak Olahraga dan Minum Air Putih

Dengan rutin melakukan olahraga, maka sirkulasi darah akan lebih baik sehingga membantu memudarkan bekas peregangan pada kulit. Darah akan terpompa dengan lancer ke seluruh tubuh, sehingga membuat sel kulit mendapatkan nutrisi yang cukup dan membantu mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh stretch mark. Tidak lupa perbanyak air putih untuk membantu badan agar tetap terhidrasi.

Cara Mencegah Stretch Mark

Selain mengetahui cara menghilangkan stretch mark kamu juga harus mengetahui cara mencegah munculnya stretch mark. Pasalnya mencegah lebih baik dari pada mengobati.

1. Menjaga berat badan

Stretch mark paling sering disebabkan oleh pertambahan berat badan secara cepat. Untuk itu, penting untuk menjaga berat badan agar tetap stabil. Jika akan melakukan pengurangan berat badan lakukanlah dengan perlahan.

2. Pola makan

Biasakan mengonsumsi makanan yang kaya dengan vitamin E, vitamin C, Protein, dan Seng. Makanan yang sehat dapat menjaga kulit tetap sehat juga.

Meski stretch mark merupakan kondisi umum yang tidak selalu dapat dicegah, namun kedua cara diatas dapat dilakukan agar stretch mark tidak muncul dan menganggu penampilan.

You May Also Like

About the Author: Mr. Alvharezky

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *