4 Cara Mengatasi Obesitas pada Anak, Alami dan Aman

Anak dengan berat badan berlebih atau obesitas terkadang terlihat lucu. Namun, fisiknya yang cenderung dianggap menggemaskan ini ternyata terdapat masalah kesehatan yang mengintai. Ada berbagai macam faktor penyebab anak obesitas.

Dari kebanyakan kasus, faktor penyebab obesitas pada anak berupa genetik, kurangnya aktivitas fisik, pola makan yang tidak sehat, atau kombinasi dari ketiga faktornya. Kasus obesitas pada anak paling banyak ditemukan pada rentang usia 5-12 tahun.

Jika berat badan berlebihnya tidak segera diatasi, anak akan cenderung tetap gemuk atau obesitas saat tumbuh dan menjadi dewasa. Kondisi ini sebenarnya meresahkan. Ini karena kelebihan berat badan bisa membuat anak berisko mengalami berbagai penyakit yang lebih identik dialami saat dewasa.

Selain itu, obesitas juga kerap menurunkan kepercayaan dirinya dan membuatnya rentan mengalami perundungan atau bullying. Sebelum hal buruk terjadi pada anak akibat obesitas, Anda perlu segera menanganinya.

Menerapkan Pola Makan Sehat

Anda perlu membantu anak untuk menerapkan pola atau aturan makan yang baik. Pola makan memegang peranan penting dalam mengatasi masalah obesitas pada anak.

Anda harus memberikan pola makan yang terjadwal, yakni makan besar tiga kali sehari dengan camilan dua kali sehari. Waktu makan pun harus dibatasi agar tidak lebih dari 30 menit dalam satu sesinya.

Pastikan untuk memperbanyak menu sayuran dan buah-buahan dan kurangi lemak dan gula. Untuk porsi makannya sehari-hari, disesuaikan dengan kebutuhan kalori sesuai usia dan berat badan ideal anak.

Sedangkan untuk camilan, Anda bisa menyiapkan buah potong. Air putih juga bisa diberikan di antara jadwal makan utama dan camilan. Untuk menarik minat makan sehat, Anda bisa mengkreasikan bentuk atau penyajian makanan sehingga dapat diterima anak.

Dengan begitu, Anda tidak perlu sampai memaksanya mengonsumsi makanan yang tidak disukainya.

Memperhatikan Komposisi Makanan

You May Also Like

About the Author: Mr. Alvharezky

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *